Trademark Indonesia: Hak Merek Nasional

Pada saat seperti ini, perusahaan perlu berbuat lebih banyak dengan lebih sedikit dan, oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memanfaatkan semua aset mereka.

Saya sangat yakin bahwa salah satu aset trademark indonesia terbesar perusahaan mana pun adalah Kekayaan Intelektual (IP) – aset yang sering kali tidak dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan, terutama perusahaan kecil dan menengah (UKM).

Kekayaan Intelektual mencakup properti dan aset yang dihasilkan dari pemikiran kreatif orisinal seperti paten, materi hak cipta, desain, dan merek dagang. Saat ini, IP mewakili 90% dari total nilai 2000 perusahaan teratas dunia. Bagaimanapun, kurang dari 5% inovasi yang dibuat di Amerika Serikat berada di bawah perjanjian lisensi, meninggalkan aset IP senilai miliaran dolar kurang dimanfaatkan.

Globalisasi dan pertumbuhan ekonomi pengetahuan telah menyoroti pentingnya hak kekayaan intelektual, sehingga menempatkan permintaan akan pengelolaan kekayaan intelektual yang efektif di jantung semua bisnis.

Perusahaan multinasional besar menganggap IP sebagai aset strategis daripada sekadar alat hukum, dan oleh karena itu UKM yang paling sukses juga sekarang melihat kebutuhan untuk mengelola, mengeksploitasi, dan memanfaatkan aset IP mereka. Ini melibatkan tidak hanya melindungi dan mengelola aset kekayaan intelektual itu sendiri, tetapi juga mengintegrasikan kekayaan intelektual ke dalam inovasi, strategi pertumbuhan dan model bisnis yang sama dengan menggunakan fungsi hukum dan ekonomi dari kekayaan intelektual.

Manajemen IP dapat dibagi menjadi tiga area tugas – dukungan inovasi, manajemen portofolio dan eksploitasi IP. Jelas, eksploitasi IP dan tugas terkait memiliki implikasi pajak yang harus ditangani dan dioptimalkan.

Implikasi pajak

UKM dapat menggunakan strategi yang sama yang telah digunakan selama bertahun-tahun oleh perusahaan multinasional, yang terdiri dari melokalkan aset IP penghasil nilai mereka – seperti merek, daftar pelanggan, dan paten – di yurisdiksi pajak rendah.

Jika dikelola dengan benar, menempatkan atau merelokasi aset di luar negeri adalah proses yang relatif sederhana dan dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Langkah-langkah yang harus diambil

Ketika klien menghubungi saya mengenai cara terbaik untuk beradaptasi dengan iklim ekonomi saat ini, saya mencari cara bagi perusahaan mereka untuk mengekstrak nilai semaksimal mungkin dari aset IP bisnis yang ada dengan memanfaatkan aset tersebut di seluruh model bisnis mereka. Kami juga bekerja untuk mengidentifikasi peluang bagi mereka untuk mendapatkan nilai dari IP dari luar industri masing-masing dan mendukung upaya mereka untuk menemukan pelanggan potensial untuk IP mereka di sektor bisnis yang tidak terkait.

Pentingnya melindungi dan mendaftarkan merek dagang, paten, desain, dan hak cipta tidak bisa cukup ditekankan. Apakah itu merek dagang yang terdaftar di Kantor Pendaftaran Merek Dagang dan Desain Uni Eropa (OHIM), dengan Organisasi Africaine de la Propriété Intellectuelle (OAPI) atau di Departemen Perdagangan AS, Kantor Paten dan Merek Dagang (USPTO), perlindungan dan pemberian lisensi selanjutnya atas aset kekayaan intelektual adalah kunci untuk kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan modern mana pun.

Saya akan mendorong semua klien dan pembaca kami untuk menganalisis bisnis mereka sendiri untuk melihat apakah ada aset IP yang ada yang diremehkan yang dapat mereka lindungi, jual dan / atau lisensikan dari yurisdiksi yang ramah pajak. Yurisdiksi seperti Siprus menawarkan solusi yang tepat untuk tujuan itu. Tidak ada pajak yang dipotong atas royalti yang dibayarkan kepada perusahaan non-residen ketika hak diberikan kepada entitas Siprus untuk digunakan di luar Republik. Solusi lain adalah mendirikan perusahaan Mauritius yang sesuai.

Hak kekayaan intelektual memainkan peran penting dalam memberi perusahaan keunggulan di pasar, dan kekayaan intelektual jelas merupakan aset bisnis masa depan.

 

welltoldstory.net

Add your Biographical Info and they will appear here.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *