Panduan Budidaya Ternak Lebah Madu, Pendatang baru Harus Ketahui!

Usaha budidaya hewan ternak merupakan salah satu kesempatan usaha yang banyak dilirik pengusaha pendatang baru.

Tidak mengherankan, karena permintaan hewan ternak lumayan besar di pasaran. Kalian pula dapat berupaya budidaya ternak lebah madu.

Ya, dalam bisnis budidaya hewan ternak tidak cuma mengambil hasil daging ataupun komponen badan hewan yang lain. Namun pula hasil telur, apalagi madu yang dibuat dari budidaya ternak lebah madu.

Kelebihan Budidaya Ternak Lebah Madu siklus hidup lebah

Budidaya ternak lebah madu mempunyai sebagian kelebihan dibandingkan budidaya hewan ternaka yang lain. Awal, usaha ini tidak memerlukan pakan yang menghabiskan modal dalam pemeliharaan lebah madu.

Karena lebah madu hendak mencari makanannya sendiri. Kalian juga tidak direpotkan dengan pemberian pakan yang umumnya terjadwal tertib.

Kedua, dalam budidaya lebah madu, tidak terdapat sesi pengawinan 2 lebah madu secara terencana oleh pelakon usaha.

Lebah madu hendak menempuh proses pernikahan natural dengan triknya sendiri. Sehingga usaha budidaya ternak lebah madu lebih mempermudah.

Ketiga, hasil panen dari usaha budidaya ternak lebah madu sangat menjanjikan. Harga jual madu per kg ialah Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu.

Hasil panen rata- rata dari usaha ini merupakan 1 kwintal ataupun 100 kg madu. Sehingga nilainya dapat menggapai Rp 9 juta- an per satu kali masa panen ialah antara 10 hari sampai satu bulan.

Siklus Kehidupan Lebah Madu https://academia.co.id

Saat sebelum mengawali usaha budidaya ternak lebah madu, terdapat baiknya kalian mengenali dahulu siklus kehidupan lebah madu. Lebah madu merupakan hewan yang hidup secara berkelompok.

Di dalam suatu kelompok itu terdapat 3 tipe lebah. Ialah lebah ratu, lebah pekerja, serta lebah jantan.

Lebah ratu

Lebah ratu merupakan lebah betina yang mengetuai suatu koloni. Dimensi dari lebah ratu sangat besar dibandingkan tipe yang lain dalam koloni tersebut.

Tugasnya buat berkembangbiak menciptakan telur- telur baru lebah generasi berikutnya.

Lebah pekerja

Kedua, lebah pekerja merupakan lebah anakan yang lahir dari hasil pernikahan lebah ratu dengan lebah jantan.

Dalam satu koloni paling tidak terdapat 30 ribu hingga 60 ribu ekor lebah pekerja yang ukurannya sangat kecil bila dibanding dengan lebah ratu serta jantan.

Tugasnya merupakan membangun sarang lebah selaku tempat bertelurnya lebah ratu, mengumpulkan santapan( berbentuk nectar, tepung sari serta air), berikan makan lebah ratu serta jantan, melindungi sarang dari musuh, serta mensterilkan sarang.

Lebah jantan

Sebaliknya lebah jantan merupakan lebah yang berdimensi lebih besar dari lebah pekerja, tetapi tidak lebih besar dari lebah ratu.

Jumlah lebah jantan dalam satu koloni cuma terdapat ratusan ekor saja. Tugasnya mengawini lebah ratu supaya koloni dapat terus menjadi besar jumlahnya.

Pendek kata, siklus kehidupan lebah madu meliputi lebah ratu yang mempunyai lebah pekerja serta lebah jantan yang silih hidup bersama membentuk suatu koloni.

Setelah itu ratusan lebah jantan hendak memperebutkan satu lebah ratu buat dikawini.

Proses ini diisyarati dengan lebah ratu yang terbang besar, setelah itu dikejar oleh lebah jantan.

Satu lebah jantan yang sukses mengejar lebah ratu lah yang hendak melaksanakan proses pembuahan. Sehabis pernikahan berakhir, lebah jantan umumnya hendak mati.

Berikutnya, lebah ratu hendak bertelur serta meninggalkan telur- telurnya disarang. Telur hendak tumbuh jadi larva serta menetas jadi lebah sepanjang waktu dekat 43 hari.

Lebah baru yang menetas terdiri dari 3 tipe lebah yang sama semacam tadinya. Ialah lebah ratu, lebah jantan, serta lebah pekerja. Ini lah siklus hidup lebah yang lahir serta mengerjakan tugasnya sampai mati. Hal- hal yang Butuh Diperhatikan

Budidaya ternah lebah madu dicoba dengan meningkatkan koloni lebah buat menciptakan madu yang lebih banyak.

Lebah madu disediakan di rumah berbentuk kotak kayu buat dijadikan selaku sarang. Sarang lebah tersebut hendak muat madu selaku hasil panen budidaya ternak lebah madu ini.

Dibutuhkan dekat 40 hingga 100 kotak kayu buat dijadikan sarang dalam budidaya ternak lebah madu untuk pendatang baru.

Baca Juga : Langganan Internet Satelit Starlink SpaceX Rp1, 3 Juta Sebulan

Bila kalian sukses mencerna usaha ini, hingga kalian dapat menjajaki jejak pengusaha yang lain yang dapat mempunyai jumlah kotak kayu sampai sebanyak 300- an kotak.

Biasanya lebah yang dibudidaya merupakan lebah mellifera yang diketahui menciptakan madu bermutu.

Cuaca sangat pengaruhi produktifitas lebah madu. Tetapi, umumnya, lebah mellifera dapat panen sehabis 10 hari sehabis koloni aktif membangun sarang.

Usaha ini membutuhkan zona yang jauh dari pemukiman ataupun kemudian lalang manusia. Karena lebah merupakan hewan kasar yang mempunyai sengatan beresiko.

Temperatur sempurna buat tempat budidaya ternak lebah madu merupakan di dasar 25 derajat Celsius. Seleksi tempat terbuka yang dapat ditanami banyak bunga.

welltoldstory.net

Add your Biographical Info and they will appear here.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *